Experience

Meet The Author

Robot Pembersih Lantai

Jumat, 25 Mei 2012





Ihsan Magazine - Penyedot debu biasa mungkin sudah tak zamannya lagi di negara maju. Membersihkan lantai pun kini bisa dilakukan dengan menugaskan sebuah robot. Seperti robot penyedot debu generasi terbaru yang baru saja diperkenalkan LG Electronics ini.


Sebelumnya, pabrikan elektronik asal Korea Selatan itu membuat vacum cleaner bernama 'Follow Me'. Ini adalah alat penyedot debu yang tabungnya bergerak mengikuti pengguna saat membersihkan lantai.

Kini, LG menciptakan penyedot debu generasi tergress yang diberi nama Hombot 2.0. Alat ini bergerak sendiri dan tidak mengharuskan pemilik rumah membawanya dari satu ruangan ke ruangan yang lain.

Penyedot debu berbentuk bulat itu mengunakan teknologi canggih berupa dual kamera (atas dan bawah) serta sensor inframerah sebagai navigasinya. Kamera ini mengambil gambar lantai dan langit-langit ruangan sehingga menghasilkan informasi pemetaan.

Robot itu dapat bergerak zigzag maupun memutar. Sensor inframerahnya berguna untuk mendeteksi benda-benda yang menjadi penghalang seperti tangga, furniture, atau perabot lainnya.

Jadi, apabila penyedot debu ini menabrak suatu benda maka rodanya akan berbelok ke arah lain. Menabrak orang? Juga tidak akan terjadi. Sebab ia dapat menjaga jarak nyaman sekitar 1 meter dari manusia.

Dengan tingkat kebisingan hanya 60 db, Hombot membersihkan lantai tanpa mengganggu ketenangan penghuni rumah. Uniknya lagi, Hombot dapat merasakan ruang yang sudah dibersihkannya, sehingga ia tak akan mengulang untuk membersihkan bagian yang sama.

Hombot dapat bekerja selama 30 menit. Tapi pengguna tak perlu repot bolak-balik mengisi baterinya. "Jika baterai habis, dia otomatis akan 'pulang' mencari 'rumahnya'. Di situ dia charge sendiri dan kemudian bekerja lagi," ujar Hyunseom Shim dari LG Home Appliance Design Center di Seoul, Korea Selatan.

Pemilik rumah sangat dipermudah dengan adanya robot penyedot debu ini. Waktu pun akan lebih efisien, karena user tak perlu mengontrol alat itu. "Sehingga, Anda bisa membersihkan rumah sambil mengerjakan yang lain," lanjut Hyunseom.

Namun ia mengakui, hasil kerja Hombot belum sebersih penyedot debu konvensional yang telah lebih dulu ada di pasaran. Produk ini masih dalam tahap pengembangan dan ia yakin ke depannya akan makin sempurna.

Saat ini, Hombot sudah mejeng di galeri-galeri LG di Korsel. Produk ini juga diekspor ke Eropa dan negara-negara di Asia, kecuali Asia Tenggara. "Karena pasar di Asia Tengara untuk produk ini kecil," pungkasnya.

Share this article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2011 runkrankyrun All Rights Reserved.
Free Templates by Cool Blogger Tutorials- Powered by Blogger.com.