Experience

Meet The Author

Blackberry 10 VS Windows 8

Kamis, 24 Mei 2012


Pilih Mana, BlackBerry 10 atau Windows Phone 8?


Ihsan Magazine - Blackberry 10 dari RIM diperkirakan banyak oleh pengamat sebagai senjata terakhir RIM untuk keluar dari keterpurukan. Kondisi keuangan dan semakin tidak-populernya BlackBerry (khususnya di Amerika) menjadi kendala besar bagi RIM di tengah kuatnya persaingan dengan iOS dan Android. Karenanyalah, BlackBerry 10 yang muncul dalam wujud hardware dan software di BlackBerry World 2012 awal Mei lalu menjadi harapan baru bahwa BlackBerry 10 bisa mengembalikan kejayaan RIM.

Tapi di lain sisi RIM harus tetap mewaspadai para pesaingnya. Bukan iOS milik Apple atau Android dari Google, melainkan lawan ‘sekelas’ yang tak lain adalah Windows Phone milik Microsoft. Meski saat ini Nokia Windows Phone tidak begitu populer di pasaran, dibanding Android dan iOS, tetapi tidak demikian halnya dengan Windows Phone 8 yang tengah dipersiapkan Microsoft.

Sebelumnya sejumlah pengamat berpikir bahwa Windows 8 akan menjadi kekuatan baru Microsoft untuk memperbaiki penguasaan di pasar smartphone yang tidak berhasil dengan Windows Phone 7. Anehnya, Microsoft tampaknya memulai segalanya dari awal dengan cara mengganti inti Windows Phone 8. Windows Phone 8 diubah untuk menyatukannya dengan Windows Phone 8 versi developer. Keputusan diam-diam ini dilakukan dengan cara membuang Silverlight dan XNA API dan menggantinya dengan WinRT. Pergantian inti itu membawa dampak perubahan yang sangat besar pada Windows Phone 8. Pengamat Microsoft, Paul Thurrott, menjelaskan perubahan itu sbb:

“Ya, Windows Phone 8 akan tetap menggunakan nama Windows Phone, dan ya, akan meneruskan aplikasi ‘warisan’ Windows Phone 7.x, yaitu aplikasi-aplikasi yang dibuat menggunakan Silverlight atau berbasis game XNA API. Tapi baik Silverlight maupun XNA telah dibatalkan oleh pihak Microsoft, berganti pada varian WinRT yang artinya bahwa Windows Phone dibuat lagi dari awal. Itu berarti developer harus melakukan lebih banyak pekerjaan yang, jujur saja, belum benar-benar menghasilkan banyak uang sejak pertama paltform ini dibuat.”


Di lain sisi BlackBerry 10 telah dalam tahap tes aplikasi di tangan developer. BlackBerry 10 juga memiliki memampuan menjalankan aplikasi Android yang jumlahnya ratusan ribu. Developer tinggal melakukan sedikit perubahan untuk menjadikan aplikasi Android bisa dijalankan di BlackBerry, sementara developer Windows Phone 8 harus mengulang kerja karena aplikasi WP8 memiliki basis berbeda dari WP7.

Dari analisa itulah diperkirakan BlackBerry 10 akan lebih menguntungkan bagi developer dan pastinya user akan memilih platform yang didukung lebih banyak aplikasi. Yang artinya, sukses RIM telah di depan mata


Share this article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2011 runkrankyrun All Rights Reserved.
Free Templates by Cool Blogger Tutorials- Powered by Blogger.com.